Pesan dan Kesan Praktek Kerja Industri (Prakrin) di Kotaketcil

poto bersama di percetakan kotaketcil
Prakerin merupakan kegiatan yang menuntut siswa agar belajar disiplin dan tentunya di tuntut agar dapat bekerja dengan menerapkan segala pengetahuan yang di berikan di sekolah. Dalam menjalani prakerin, tidak mudah seperti apa yang dibayangkan sebelumnya karena di tempat prakerin tidak semua materi yang diberikan disekolah itu masuk. Kegiatan prakerin dapat membentuk siswa agar dapat bekerja,walaupun kenyataannya masih di bangku sekolah banyak ilmu & skill baru yang didapat slama kegiatan prakrin yang tentu saja dapat di jadikan bahan dan modal untuk bekerja di masa depan.untuk saya pribadi cukup merasa puas dan bahagia bisa menjalan kan  kegiatan prakrin dengan baik tampa adanya beban ataupun masalah hingga berakhirna kegiatan ini.

Kesan di Kotaketcil


  1. PKL menurut saya adalah kegiatan agar murid – murid bisa belajar disiplin dan bekerja dengan menerapkan segala pengetahuan nya dan keterampilan yang di berikan selama di sekolah.
  2. Dalam menjalani kegiatan PKL sangat lah sulit tidak seperti bayangan kita pada saat belum menjalani nya. Karena di tempat industri tidak semua materi yang di berikan di sekolah itu masuk atau di praktek kan di tempat kerja, bahkan berbeda sama sekali.
  3. Dengan kegiatan PKL ini dapat membentuk siswa agar dapat merasa kan bagaimana hidup bekerja dan mencari uang.
  4. Banyak ilmu & tantangan baru yang di dapat selama kegiatan PKL yang tentu saja dapat di jadikan bahan dan pengalaman untuk modal bekerja atau berwirausaha di masa depan nanti.
  5. Bagi diri saya pribadi tentu belum merasa puas untuk berhenti belajar dan belajar walaupun sudah pernah mengikuti kegiatan PKL.
  6. Pada saat PKL kebanyakan susah nya dari pada seneng nya.
  7. Kegiatan prakerin dapat membentuk siswa agar bisa bekerja, walaupun masih di bangku sekolah.
  8. Bisa belajar bertanggung jawab atas pekerjaan yang di kerjakan nya serta hal yang lain nya juga.
  9. Bisa menjadi kan kita mandiri dalam segala sesuatu.
  10. Merasa kan betapa susah nya mencari uang (tersadar)
  11. PKL menjadi kan kita lebih percaya diri.
  12. Menghadapi segala sesuatu nya sendiri tanpa di bantu.
  13. Melatih ke sabaran, dalam prakrein banyak cobaan yang menimpa seperti ejekan ,ocehan dan segala macam.
  14. Melatih ke telatenan menunggu pekerjaan selesai, pasti pada saat prakerin yang ada di pikiran kita hanya lah pulang dan pulang.
  15. Banyak kenangan dan pengalaman yang di dapat bersama teman – teman.
  16. Mengetahui tempat – tempat atau desa – desa yang belum saya ketahui dan sekarang menjadi tahu.
  17. Mengetahui kebiasaan orang – orang di sebuah desa tersebut.
  18. Bisa mengenal kebudayaan – kebudayaan mereka.
  19. Bisa mengenal lebih banyak serta lebih jauh lagi tentang bidang yang di tekuni.
  20. Ketika menjalani prakerin atau pkl ,baru terasa yang nama nya solidaritas.


membuat desain undangan

Selama kami praktek kerja industri (prakrin) di sini  kami merasa senang dan kami mendapatkan ilmu dan pegalaman yang luas terutama dalam dunia kerja juga yang belum kami ketahui sebelumnya.kami merasa sanggat nyaman prakrin di sini karena pembimbing di Percetakan Kotaketcil ini bisa bekerja sama dengan kami dan mempermudah kami dalam menyelesaikan tugas yang di berikan praktek kerja industri (PRAKERIN)merupakan kegiatan yang menuntut siswa agar disiplin dan tentunya di tuntut agar dapat bekerja dengan menerapkan segala pengetahuan yang di berikan di sekolah dalam menjalani praktek kerja industri (PRAKERIN),tidak mudah seperti apa yang di bayangkan sebelumnya  karna di tempat praktek kerja industri (PRAKERIN) dapat membentuk siswa agar dapat bekerja,walaupun kenyataanya masih di bangku sekolah.banyak ilmu ilmu baru yang di dapat selama kegiatan prakrin yang tentu saja dapat di jadikan bahan dan pengalaman untuk modal bekerja di masa depan.untuk saya pribadi tentu merasa puas dan bahagia karena dapat menjalankan kegiatan praktek kerja  industri dengan baik hingga berakhirnya kegiatan ini.
     sebelumnya saya tidak terlalu tahu tentang bagaimana cara mengoprasiakan coreldraw,membuat desain undangan,mencutting sticker,menyablon,dll.tetapi slama di sini saya jadi tau bagaimana mendesain undangan,membuat sticker,mengoprasikan coreldraw,dan menyablon baju sendiri,banyak bangget ilmu yang bisa saya bawak pulang.

Pesan untuk Kotaketcil

Terima kasih kepada pemilik Percetakan Kotaketcil atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk melakukan melakukan praktek kerja industri kurang lebih selama 2 bulan , melalui kegiatan ini bisa meningkatkan kualitas siswa dalam bidangnya karena siswa diberikan kesempatan untuk merasakan langsung lingkungan kerja.

mudah mudahan ilmu yang saya dapatkan selama praktek kerja industri tepatnya di Percetakan Kotaketcil ini dapat bermanfaat juga kelak mengantarkan saya menjadi tenaga kerja yang profesional, disiplin, mandiri, terampil dan bertanggung jawab serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Pesan saya semoga Percetakan Kotaketcil menjadi perusahaan yang sukses dan berkembang lebih dari yang sebelumnya, semakin banyak minat pelanggaan. Semoga visi dan misiPercetakan Kotaketcil dapat tercapai. Semoga pelayanan di Percetakan Kotaketcil. selalu membuat palanggan nyaman dan puas. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pesan dan Kesan Praktek Kerja Industri (Prakrin) di Kotaketcil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel