Tutorial Membuat Kartu Nama Mengunakn CorelDraw X7

A.Pengertian Kartu Nama
Kartu Nama dalam bahasa asing disebut juga Name Card ini sudah tidak asing lagi sebagai alat pengenal dan data lamat serta nomor pribadi dari seseorang, badan, atau perusahaan.
Kartu nama merupakan alat yang sangat berharga layaknya KTP bahkan bagi seorang pebisnis kartunama adalah andalannya.
Sehingga tidak jarang orang membikin kartunama yang unik agar orang merasa berkesan ketika menerimanya, dari mulai kertas biasa sampai berupa kartu spt ATM yang disebut dengan ID Card.
Hal ini bertujuan agar orang yang membutuhkan kita sewaktu waktu bisa menghubungi dan datang ketempat alamat yang ada di kartu nama itu.
So, Kartu nama bisa nilainya jutaan bahkan Milyaran Rupiah Lho....!!! Kenapa Bisa Bayangkan saja ketika kita bertransaksi sebuah order atau Project yang Nilainya Jutaan atau Milyaran tersebut berasal dari sebuah Kartu Nama, jadi jangan kita anggap sepele kartunama tersebut.

B.Fungsi Kartu Nama
   

Kartu nama memiliki fungsi yang berbeda setiap masanya. Hal ini dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang terus berkembang pada setiap abad.

Pada abad ke-17, kartu nama berfungsi sebagai penanda bahwa akan ada kunjungan bangsawan atau golongan aristokrat. Kartu nama dari tembaga tersebut menerangkan siapa yang akan datang sekaligus semacam woro-woro bagi pemilik untuk mempersiapkan lokasi yang hendak dikunjungi.

Abad 18 dan 19 kartu nama yang semakin ringkas secara fisik yakni dicetak menggunakan kertas dan tinta berwarna, bermanfaat sebagai media beriklan. Hal ini sangat membantu terlebih di masa tersebut belum familiar media massa selayaknya koran dan majalah. Pun, pada masa tersebut wilayah kota belum memiliki nama jalan dn sistem formal penomoran gedung/bangunana sehingga kartu nama juga digunakan sebagai penanda lokasi usaha.

Pada era sekarang, kartu nama memiliki fungsi lebih dari sekadar media beriklan. Antara lain:

1. Presentasi profil perusahaan. Hal ini dimaksudkan ketika rekanan bisnis baru melongok kartu nama, maka akan ditemukan informasi berupa nama (baik individu atau perusahaan), alamat lengkap, logo, kontak berupa e-mail dan ponsel, jenis produk atau jasa, dan alamat website.



2. Alat pemasaran. Apabila di sebuah acara pertemuan bisnis berskala besar, seseorang baik secara individu atau merupakan representasi perusahaan, giat menyebar kartu nama pada rekanan bisnis baru, maka semakin besar pula peluang bekerja sama dan sukses yang tercipta.

C.Mampaat Kartu Nama
Selain digunakan oleh para pengusaha dan profesional seusai bidang kerja, kartu nama juga penting dimiliki mereka yang baru mengembangkan dan meningkatkan usaha prospek kerja. Sekiranya, beberapa manfaat kartu nama bisa dijabarkan sebagai berikut:

1.     Sebagai brand awareness. Atau istilah mudahnya: rekanan bisnis baru akan mudah mengenali dan mengingat hanya dari menilik kartu nama yang disodorkan. Terlebih bila dalam kartu nama tercantum logo perusahaan yang khas dan menarik perhatian.

2.     Membangun citra profesional. Ketimbang meningglkan nomor telepon dan alamat e-mail pada secarik kertas yang pasti akan terlupakan, menyodorkan kartu nama memberi kesan berbobot dan kompetensi kinerja perusahaan yang profesional.

3.     Memperluas jaringan. Kartu nama yang tersebar dalam jumlah banyak pada pihak tepat, akan meningkatkan jaringan rekanan usaha.

4.     Cantumkan pula visi misi perusahaan dan juga gambar produk unggulan pada bagian belakang kartu nama. Atau bisa juga denah lokasi perusahaan. Hal ini sangat membantu dan mempermudah calon rekan bisnis yang hendak bekerja sama. Berikut beberapa contoh kartu nama unik yang dapat menarik perhatian

D.Langkah-langkah membuat Kartu Nama
       1.Membuka Aplikasi
bukalah program CorelDraw,setelah program terbuka,di sini saya mengunakan CorelDraw X7,buatlah Documen Baru cukup menekan Tombol CTRL + N Pada Keyboard.

2.Membuat Persegi Panjang 
Buatlah persegi panjang Dengan klik pada Rectangla tool pada deretan tool yang berada di kiri lembar kerj,setelah terbentuk segi panjang atau kotak,kemudian kita ubah ukuran persegi panjang tersebut,kita ketikan saja pada properti bar panjang 850 mm dan lebar 550 mm lalu enter.

          

3.Memberi warna
pada kotak yang telah di buat berilah warna,sesuai yang kalian inginkan,di sini saya mengunakan warna hitam untuk begraund saya.
               



3.Membuat Lingkaran
Buatlah lingkaran mengunakan elipse tool,agar lingkaran berbentuk sempurna saat menarik lingkaran tekan CTRL ,setelah lingkaran selesai,klik contour pada menu tool di sebelah kiri,setelah selesai untuk memisah lingkaran klik ctrl+k,berilah warna pada lingkaran ke dua lalu hapus lingkaran yang ke dua,lalu buat garis lurus menggunakan pen tool untuk memotong lingkaran tersebut,klik lingkaran lalu klik object lalu pilih convert outline to object.buatlah objek yang sudah di potong tadi seperti di bawah ini,kemudian beri warna kesukaan anda,blok object yang tadi lalu klik Drap Shadow Tool.

                           
4.Membuat Teks Untuk Nama
buatlah nama yang akan kalian masukan ke dalam kartu nama,seperti nama anda,contact,alamat,Email.yang akan kalian gunakan untuk melengkapi Kartu Nama
    



                     Terima kasih


                                                  GAGAL ITU
                                               URUSAN NANTI 
                                                       YANG
                                                 TERPENTING
                                          KITA BERANI UNTUK
                                                   MENCOBA
                                              DAN MENCOBA

                    " JADILAH YANG TERBAIK DARI YANG TERBAIK"



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tutorial Membuat Kartu Nama Mengunakn CorelDraw X7"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel