Langkah-langkah Membuat Logo Dengan Menggunakan Aplikaasi CorelDraw X7

A. Pengertian Logo

Logo adalah suatu gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah di ingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Sebuah logo wajib mempunyai filosofi dan kerangkat dasar yang berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Sebuah logo memiliki ciri khas seperti warna dan bentuk logo tersebut.

Sebuah logo dapat memakai elemen apa saja, seperti tulisan, logogram, gambar, ilustrasi dan lain-lain. Sebuah logo adalah simbol atau elemen gambar pada identitas visual.

Menurut Sularko, dkk (2008: 6) dalam bukunya “How to They Think” Logo atau corporate identity atau brand identity adalah sebuah tanda yang secara langsung tidak menjual, tetapi memberi suatu identitas yang pada akhirnya sebagai alat pemasaran yang signifikan, bahwa logo mampu membantu membedakan suatu produk atau jasa dari kompetitornya.

Suatu logo dapat diambil artinya dari suatu kualitas yang disimbolkan, melalui pendekatan budaya perusahaan (corporate culture), penempatan posisi (positioning) historis atau aspirasi perusahaan, apa yang diartikan atau dimaksudkan adalah penting daripada seperti apa rupanya. Secara keseluruhan logo adalah instrumen rasa harga diri dan nilai-nilainya dapat mewujudkan citra positif dan dapat dipercaya. (http://www.spengetahuan.com/2017/07/pengertian-logo-fungsi-logo-jenis-logo-aspek-logo-terlengkap.html)

B. Langkah-langkah Membuat Logo 
    
1. Membuka Aplikasi 
Buka aplikasi CorelDraw x7, setelah terbuka setelah aplikasi terbuka mulailah membuat logo dengan membuat lembar kerja baru, caranya dengan mengklik icon file kemudian klik new, tentukan ukuran area lembar kerja yang ingin anda gunakan, jika sudah selesai klik ok.

2. Langkah Pembuatan Logo
Pada area lembar kerja anda, mulailah membuat lingkaran dengan menggunakan Ellipse tool, caranya klik tool Ellipse tool kemudian klik pada lembar kerja anda sambil melakukan drag and drop, sesuaikan lingkaran yang ingin anda gunakan untuk logo anda. Hasilnya bisa anda lihat seperti contoh dibawah ini.


                                                

3. Memberi Warna Lingkaran dan Efek Mengkilap Pada Lingkaran
Jika lingkaran sudah anda buat, berilah warna lingkaran anda caranya dengan mengklik icon pick tool, lalu klik pada lingkaran anda kemudian pilih warna lingkaran yang ingin anda gunakan, caranya dengan mengklik warna yang ada di sebelah kanan pada lembar kerja anda.
   
Jika anda ingin memberikan efek mengkilap pada lingkaran anda, buatlah lingkaran baru, caranya sama seperti dengan anda membuat lingkaran sebelumnya, letakkan lingkaran yang baru anda buat tepat berada di tengah-tengah lingkaran sebelumnya atau posisikan lingkaran sesuai keinginan anda, kemudian beri warna pada lingkaran yang baru sesuai keinginan anda sama seperti cara mewarnai lingkaran yang pertama. 

                                 
  
Jika sudah selesai, klik icon Interactive Fill Tool, kemudian lakukan drag and drop pada lingkaran kedua pilih warna putih untuk ujung lingkaran yang tepat berada di tengah lingkaran pertama, caranya dengan mengklik kotak warna yang ada pada lingkaran pilih warna putih. Jika sudah selesai klik pada lingkaran kedua tekan dan tahan tombol shift sambil mengklik lingkaran kedua, lalu lepaskan shift, lalu klik icon intersec. Kemudian delete lingkaran kedua maka lingkaran akan menjadi seperti gambar dibawah.
           

4. Membuat Texs Untuk Logo
Untuk membuat teks klik icon Text Tool, lalu klik pada areakosong untuk teks kemudian ketiklah huruf atau teks yang ingin anda masukkan, setelah itu blok huruf lalu rubahlah jenis huruf, ukuran dan warna sesuai keinginan anda. Disini saya juga menambahkan gradasi warna pada teks dengan mennggunakan Interactive Fill Tool.
     

5. Menyatukan Objek dan Teks
Untuk menyatukan objek dan teks, klik icon pick tool agar kursor dalan keadaan normal, klik objek teks yg anda buat lalu tempatkan pada lingkaran yang anda buat sebelumnya. jika posisi sudah berada di tempat yang anda inginkan. select objek tersebut menjadi satu caranya dengan mengklik area kosong lakukan drag and drop hingga semua objek berada dalam satu select, lepaskan drag and drop, kemudian klik ctrl + G. Logo anda pun sudah selesai.                                                             
   " Sekian langkah-langkah membuat logo dari saya, Semoga bermanfaat untuk anda....."

  *SEMUA IMPIAN AKAN MENJADI KENYATAAN BILA KITA MEMILIKI KEBERANIAN UNTUK MENGEJARNYA...* 

 "SELAMAT MENCOBA...!!"

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Langkah-langkah Membuat Logo Dengan Menggunakan Aplikaasi CorelDraw X7"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel